.

Mitra usaha Digdaya Tronik, ada cukup banyak jalur yang dapat anda pakai untuk melakukan transaksi bisnis di server kami, dan salah satu yang bisa anda coba ialah transaksi dengan menggunakan Jabber.

Sebagai layanan instant messaging berbasis protocol XMPP, Jabber sudah dikenal kehandalannya dalam hal berkirim/menerima pesan, sehingga dengan memanfaatkan layanan ini sebagai kebutuhan transaksi pulsa, tentu juga akan meningkatkan kualitas transaksi anda menjadi lebih cepat lagi.

Menggunakan Jabber sebagai media transaksi di server Digdaya Tronik caranya sangat mudah. Cukup lakukan tiga langkah seperti dibawah ini

Langkah 1: Buat Akun Jabber

Agar dapat melakukan transaksi lewat Jabber tentunya anda juga wajib memiliki akun Jabber. Untuk itu silahkan buat akun jabber terlebih dahulu (bila belum punya) dengan cara seperti berikut:

  1. Akun Jabber bisa anda dapatkan dengan membuatnya di server jabber, yang salah satu ialah Jabbim. Silahkan buat akunnya disini https://secure.jabbim.com/reg/
  2. Buat akun jabber dengan mengisi data yang diperlukan. Khusus pada isian Jabber ID, isi dengan domain jabber yang di inginkan. Contoh namaanda@jabbim.com

Langkah 2: Siapkan Aplikasi XMPP Client untuk Layanan Jabber

Setelah memiliki akun jabber, yang perlu disiapkan berikutnya ialah sebuah aplikasi XMPP Client untuk memfungsikan akun tersebut. Aplikasi XMPP Client sendiri tersedia untuk perangkat PC dan mobile (detailnya lihat daftar aplikasi XMPP Client disini).

Di perangkat PC anda bisa menggunakan aplikasi Client Pidgin atau Spark, sementara pada perangkat mobile anda dapat memakai aplikasi IM+ atau Xabber sebagai aplikasi XMPP Client Jabber.

  1. Sebagai contoh, disini digunakan aplikasi Xabber di perangkat mobile Android. (Silahkan install aplikasi Xabber di Play store)

    Bagi pengguna perangkat dan aplikasi client lainnya, silahkan di sesuaikan.
  2. Bila aplikasi Xabber sudah terinstal, selanjutnya masukkan akun Jabber yang sudah anda buat sebelumnya untuk digunakan di aplikasi Xabber.
  3. Saat memasukkan akun jabber, aplikasi Xabber akan mencoba mengkoneksikan akun anda. Tunggu hingga statusnya menjadi Online/Daring yang berarti sudah terhubung dan siap dipakai.

Langkah 3: Meneggunakan Jabber Untuk Transaksi Pulsa

Apabila anda sudah mempunyai akun Jabber dan telah meginstal Xabber sebagai aplikasi client nya, maka langkah berikutnya silahkan lakukan paralel terlebih dahulu akun jabber tersebut ke ID Agen kemitraan anda di server Digdaya Tronik agar dapat dipakai untuk transaksi.

  1. Lakukan paralel akun Jabber dengan cara ketik format seperti berikut

    Format: TGM*[JabberID]*[pin]
    Contoh: TGM*namaanda@jabbim.com*1234

    Ketik dan kirim format pesan ke SMS Center melalui No HP anda yang sudah terdaftar di server Digdaya Tronik

  2. Apabila paralel sukses, maka anda akan merima pesan yang bunyinya seperti berikut

    Paralel namaanda@jabbim.com untuk DG1xxx BERHASIL ditambah

  3. Langkah terakhir untuk memudahkan transaksi, silahkan buka kembali aplikasi Xabber lalu tambahkan center Jabber Digdaya Tronik ke daftar kontak anda, untuk keperluan tujuan pengiriman dari semua format-format transaksi.

    Center jabber digdaya tronik adalah digdaya@movim.eu (atau lihat online center Jabber terbaru di sidebar)

Untk transaksi via Jabber, format yang dipakai sama dengan format transaksi via SMS, Hangouts, Nimbuzz maupun Telegram (baca: Format transaksi).

Leave a Reply